Home Merapi Tertutup Abu, CCTV Kawah Merapi Tidak Bisa Difungsikan

Tertutup Abu, CCTV Kawah Merapi Tidak Bisa Difungsikan

15
0
SHARE


Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM – Aktivitas Gunung Merapi sejak letusan pada tanggal 11 Mei 2018 lalu hingga hari ini membuat statusnya masih di tingkat Waspada (level II).

Akibat aktivitas letusan Gunung Merapi beberapa waktu terakhir ini, sejumlah CCTV BPPTKG Yogyakarta yang terpasang di lereng Gunung Merapi tertutup abu.

Bahkan sejak tanggal 1 Juni 2018, CCTV yang terpasang di kawah sudah tidak berfungsi. Menurut Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida, kemungkinan besar, solar cell yang menjadi sumber daya CCTV tertutup abu atau meterial letusan.

“Sementara ini masih belum bisa kita cek ke sana (kawah) karena sangat berisiko. Tapi kalau yang di lereng sudah kita bersihkan dari abu letusan,” ujar Hanik ditemui di kantornya, Selasa (12/6/18).

Baca: Ringankan Beban Pemerintah, Raja Malaysia Minta Gajinya Dipangkas

Dikesempatan yang sama, Alzwar Nurmanaji, Pengamat Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta menjelaskan, sedikitnya 8 CCTV yang terpasang di lereng sudah dibersihkan dari material letusan yang menutupi.

Salah satu CCTV yang dibersihkan dari material letusan adalah di area Kendit, yakni di sisi selatan paling atas, di sebelah barat bukaan (bukaan letusan 2010). Area ini hanya berjarak kurang lebih 900 meter dari kawah. Akibat letusan tanggal 11 Mei 2018, sejumlah perangkat CCTV rusak terkena lontaran material letusan pada saat itu.

“Untuk CCTV lain yang sudah kita bersihkan ada di Klatakan di atas pos babadan sisi barat, Grawah, Plawangan dan Labuhan. Rata rata tertutup abu hasil letusan. Sementara untuk CCTV puncak yang tepat berada di bibir kawah masih belum bisa kita cek,” terang Alzwar.

Hingga berita ini diturunkan, menurut data BPPTKG Yogyakarta sejak pukul 00.00 hingga pukul 10.00 WIB hari ini, aktivitas Gunung Merapi hampir sama dengan sepekan terakhir, yakni masih terjadi aktivitas kegempaan, baik guguran dan hembusan. (tribunjogja)





Source : http://jogja.tribunnews.com/2018/06/12/tertutup-abu-cctv-kawah-merapi-tidak-bisa-difungsikan

Berita Dari news.google.com