Home Bisnis Besarnya Belanja Liburan Natal Stabilkan Pasar Saham AS

Besarnya Belanja Liburan Natal Stabilkan Pasar Saham AS

9
0
SHARE


TEMPO.CO, Jakarta – Saham dan harga minyak melambung pada Rabu karena pemerintahan Donald Trump berusaha untuk meningkatkan kepercayaan investor dan pasar menyambut laporan tentang belanja liburan warga AS yang kuat.

Indeks saham MSCI di seluruh dunia naik 2,57 persen, sementara minyak mentah AS dan Brent naik sekitar 8 persen, kenaikan satu hari terbesar mereka sejak 30 November 2016.

Baca: Pasar Saham AS Anjlok, Donald Trump Salahkan The Fed

Benchmark untuk minyak dan saham mencapai titik terendah dalam lebih dari satu tahun pada Senin, dengan S&P 500 di puncak diumumkan secara resmi di “pasar beruang” selama minggu tenang perdagangan karena liburan Natal. Pasar di Inggris, Jerman dan Prancis ditutup pada Rabu.

Dilansir dari Reuters, 27 Desember 2018, Kevin Hassett, ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih, mengatakan pada hari Rabu bahwa pekerjaan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell tidak dalam bahaya.

Hanya dua hari yang lalu Presiden Donald Trump menyebut The Fed sebagai satu-satunya masalah ekonomi kita ketika bank sentral menaikkan suku bunga.

22 the fed

Investor telah dibuat kaget oleh potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah dan penutupan pemerintahan parsial di AS. Trump telah sebagian besar menyalahkan pelemahan pada The Fed.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin juga khawatir dengan jatuhnya pasar saham dan mengadakan pertemuan delegasi bank-bank AS.

Seorang ekonom mengatakan the Fed memegang kunci untuk menenangkan pasar.

“Pada akhirnya, kami percaya bahwa The Fed adalah satu-satunya kehadiran yang mampu mengakhiri kebingungan saat ini di pasar,” Kenta Inoue, ekonom pasar senior di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.

Obligasi pemerintah AS, penerima manfaat dari langkah risk-off dalam beberapa pekan terakhir, jatuh pada hari Rabu.

Baca: Bank Sentral Amerika Terus Naikkan Suku Bunga, Trump Kritik

Sementara itu, langkah risk-off yang mengangkat yen Jepang untuk delapan sesi perdagangan berturut-turut terhadap dolar AS kehilangan tenaga. Yen melemah 0,95 persen menjadi 111,33 per dolar.

Sebuah laporan Mastercard Inc bahwa penjualan selama musim belanja liburan AS naik 5,1 persen menjadi lebih dari US$ 850 miliar (Rp 12.380 triliun) pada tahun 2018, yang terkuat dalam enam tahun terakhir, membantu saham, seperti halnya harga minyak mentah yang lebih tinggi.

Investor juga sering menjual aset saham yang telah melakukan yang terbaik dan membeli yang telah melakukan yang terburuk di akhir kuartal untuk menyeimbangkan ke posisi target.





Source : https://dunia.tempo.co/read/1159197/besarnya-belanja-liburan-natal-stabilkan-pasar-saham-as

Berita Dari news.google.com