Home Berita Kampung Wisata di Kota Yogyakarta Siap Hadapi Bencana di Musim Penghujan

Kampung Wisata di Kota Yogyakarta Siap Hadapi Bencana di Musim Penghujan

7
0
SHARE



TRIBUNJOGJA.COM – Untuk menghadapi bencana yang datang di musim penghujan, kampung-kampung wisata di Kota Yogya telah melakukan persiapan-persiapan khusus.

Arif Hidayat selaku Ketua Kampung Wisata Pakualaman menjelaskan, jika untuk sementara, selama musim hujan pihaknya menghindari wisata malam, terutama di dekat bantaran sungai.

Dia menerangkan jika di tempatnya ada daerah yang sering tergenang air saat hujan, yakni di sekitaran bantaran code sebelah barat dan di sekitar Kali Mambu.

“Untuk objek wisata di bantaran sungai kebetulan memang tidak ada. Lebih banyak memang di tengah. Namun, untuk musim hujan ini, mau tidak mau, kita harus siaga, terutama di bantaran sungai. Kita menghindari aktivitas wisata pada malam hari sementara ini, kalau hujannya datang siang tidak ada masalah,” ungkapnya.

Baca: Rasakan Iga Sapi Jumbo Bumbu Khas Bali di The Captain Resto

Hal tersebut dilakukan selain untuk menghindari adanya hal yang tidak diinginkan juga agar para wisatawan tidak merasa kecewa.

“Hujan datang itu tidak bisa kita prediksi. Walaupun di atas sudah membuat info, tapi tahu-tahu air naik. Kasihan tamu nanti malah kecewa. Untuk di bibir sungai sementara kita break dulu, tapi yang lain tidak ada masalah,” jelasnya.

Meskipun secara teknis tidak ada masalah ketika musim hujan, namun Arif mengaku pihaknya sudah menyiapkan jas hujan untuk wisatawan apabila hujan tiba-tiba datang.

Baca: Gelar Seni dan Budaya Djayaningratan, Upaya Bangkitkan Kebudayaan Kampung Wisata Sosrodipuran

Selain itu, dari Tim Siaga Bencana juga telah melakukan penebangan terhadap ranting-ranting pohon untuk menghindari adanya pohon yang tumbang.

“Yang jelas kita kondisional, kita sudah siapkan jas hujan ringan untuk wisatawan. Secara teknik tidak ada masalah untuk musim hujan. Kalau pohon tumbang sudah ada kerjasama dengan teman KTB, kemarin sudah dipangkas,” katanya.

Sementara itu, Ipung Purwandari, Ketua Kampung Wisata Sosromenduran menerangkan untuk di Sosromenduran, masyarakat sudah sering diberikan pelatihan untuk siap menghadapi segala bencana yang ada.

Baca: Sebanyak 8 Kampung Wisata Akan Diakreditasi Tahun Depan

“Kita sudah siap. Ada KTB, masyarakat sini sudah siap semua menghadapi bencana. Kita sudah dilatih berkali-kali, baik teroris ataupun praktek. Kalau ada apa-apa juga nanti langsung ada yang mengkoordinir. Apakah kita juga punya kampung Internasional, jadi kita sudah siap,” terangnya.

Ipung menambahkan, jika di Sosromenduran sendiri juga telah disiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul. Dimana apabila ada bencana, masyarakat yang ada langsung menuju lokasi yang telah ditentukan.

“Ada tempat kosong itu yang menjadi titik kumpul kita. Ada banyak titik kumpulnya, sudah disiapkan semuanya. Mulai dari jalur evakuasi sampai cara memasang tenda,” terangnya. (*)





Source : http://jogja.tribunnews.com/2019/01/06/kampung-wisata-di-kota-yogyakarta-siap-hadapi-bencana-di-musim-penghujan

Berita Dari Source Feed jogja.tribunnews.com